Jajanan Pasar Yang Enak

Pasar di Indonesia memang berbeda dengan pasar di Eropa atau Amerika. Pasar di Indonesia memiliki beragam rupa yang dijual. Pasar tradisional di Indonesia terutama yang menjual makanan atau minuman asli Indonesia. jadi jika anda kangen atau ingin sekali makanan atau minuman khas Indonesia, anda wajib ke pasar. Pasar juga biasanya yang menjual jajanan asli Indonesia orang yang memang sudah tua karena sudah lama berjualan. Jadi anda sambil membatu mereka tetap melestarikan makanan Indonesia. Apa saja aneka kue basah khas jajanan pasar yang enak-enak? Berikut beberapa daftarnya!


1. Cenil

Pernahkah anda mencoba jajanan yang satu ini ketika ke pasar? Nah, ketika anda pergi ke pasar jangan lupa untuk membeli jajanan yang satu ini. Jajanan yang satu ini memiliki rasa yang unik dari perpaduan kedua rasa singkong dan gula merah. Jadi cenil ini ada campuran singkongnya ketika dibuat. Nah dengan rasa kenyalnya, memang dicampur bahan lain juga. cenil ini baisanya bentuknya bulat dan warna-warni. Dalam satu bungkus, biasanya terdapat cenil 5 hingga 6 buah. Gula merah dibungkus terpisah jika anda masih lama ingin makannya. Untuk di bebrapa daerah seperti di Bandung, cenil dimakan dengan gula putih. 

2. Geblek
Jajanan pasar yang satu ini juga sangat enak jika dimakan bersama keluarga. Jajanan yang satu ini memang khas sekali sehingga anda akan merasakan rasa yang berbeda. Rasanya gurih namun bukan gurih dari vetsin atau semacamnya. Gurihnya dari kelapa. Jadi geblek ini juga ada campuran kelapa di dalamnya jadi gurihnya alami. Kemudian geblek ini punya tampilan warna putih yang juga bikin anda penasaran ingin mencoba. Geblek sangat enak dimakan ketika panas atau dingin. Geblek ini juga ketika digigit sangat kenyal.

3. Lupis
Jajanan pasar yang satu ini sudah ada sejak jaman dahulu kala. lupis ini memiliki rasa yang enak juga ketika dimakan karena perpaduan rasa manis dan juga khas dari ketan. Ketan yang dibungkus dengan daun kemudian dimakan dengan larutan gula merah ini enak sekali. Ditaburi parutan kelapa juga lebih membuatnya enak. Lupis ini ada yang menjual dengan ukuran yang kecil atau besar. lupis ini biasanya dijual dengan cenil juga. Jadi ada yang mencampur lupis dan cenil jadi satu.

4. Donat Ketan
Pernahkah anda mencoba donat ketan? Donat ketan sendiri ini punya tampilan layaknya donat. Tentu saja anak-anak juga akan menyukainya. Namun ini bukan donat biasa, donat yang satu ini terbuat ketan hitam. Sehingga rasa dari donat ketan hitam ini sangat berbeda dari donat biasanya. Donat ketan ini juga tidak seperti donat biasanya yang terdapat topping. Donat ketan ini rasa manisnya juga tidak terlalu manis. Biasanya donat ketan ini juga hanya ada baluran gula putih yang sudah dilarutkan. Tetapi bukan caramel, jadi gula halus dimasak agar menjadi lengket di donatnya.

5. Bugis
Jajanan pasar yang beriku ini bisa dibilang spesial. Spesial karena bentuknya yang khas layaknya pyramid di Mesir. Selain itu juga bugis ini dibungkus dengan daun pisang. Bugis ini memiliki isian kacang hijau, atau juga parutan kelapa manis. Parutan kelapanya dimasak dengan gula merah jadi manis sekali. Ketika anda ingin makan jajanan yang enak ini, anda pergi ke tukang jual kue di dalam pasar.