Mitos Sebelum Tidur di Pulau Jawa

Pulau Jawa sangat kental akan nuansa mistis dan jaman dulunya. Bahkan masih banyak masyarakat di Pulau Jawa yang melakukan tradisi kejawen, utamanya di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Kebiasaan kejawen atau melaksanakan tradisi jawa ini akan terus diturunkan ke anak cucu mereka. Sehingga budaya di Pulau Jawa tidak akan hilang meski zaman sudah berkembang.


Mitos Anak-Anak Jawa di Malam Hari

Sudah bukan rahasia umum lagi, jika banyak orang tua di Pulau Jawa menjadikan mitos sebagai dongeng sebelum tidur. Tujuannya adalah agar para anak-anak tidak melanggar mitos yang ada. Meski sulit dipercaya namun banyak sekali mitos di Jawa yang sudah ada buktinya. Lantas apa saja mitos tersebut? 

1. Dilarang bersiul saat sore menjelang malam
Jika kamu adalah penduduk asli Pulau Jawa maka sudah tidak asing lagi dengan mitos satu ini. Dimana jika waktu sudah menunjukkan sore hari, maka kamu dilarang untuk bersiul apalagi jika sudah malam. Ini karena masyarakat Pulau Jawa meyakini jika siulan di sore dan malam hari bisa mengundang makhluk halus datang kerumah orang yang melakukan siulan.

2. Berhenti main saat mau magrib
Di Pulau Jawa juga ada mitos yang mengatakan jika tidak boleh bermain jika langit sudah senja atau waktu sudah mau magrib yakni sekitar jam 17.15/17.30. Bahkan mitos ini sudah menjadi salah satu dongeng sebelum tidur yang populer. Dimana anak-anak yang bermain hingga waktu yang dilarang maka ia akan diculik hantu sejenis wewe gombel.

3. Dilarang makan di depan rumah
Biasanya orang tua di Pulau Jawa akan memperingatkan anak-anak mereka untuk tidak makan di depan rumah. Alasannya karena makan di depan rumah bisa mendatangkan kesialan dan rezeki sang pemilik rumah menjadi berkurang. Percaya atau tidak dengan mitos ini namun memang faktanya makan diluar rumah merupakan hal yang dinilai tidak sopan meski kamu sedang tidak di Pulau Jawa.

4. Dilarang potong kuku saat malam hari
Ketika kamu sedang berlibur di Pulau Jawa utamanya di daerah pedesaan jangan sampai memotong kuku saat malam hari. Ini karena hal tersebut sangat terlarang di Pulau Jawa dan sudah menjadi dongeng sebelum tidur secara turun temurun. Katanya memotong kuku saat malam hari bisa mendatangkan setan maupun jin ke dalam rumah.

5. Dilarang memakai baju biru & hijau saat ke Pantai Selatan
Ada banyak sekali destinasi wisata yang ada di Pulau Jawa namun kamu harus tahu larangannya terlebih dahulu sebelum mengunjunginya. Seperti di Pantai Selatan, ada larangan untuk tidak memakai baju biru dan hijau ketika berkunjung. Kabarnya jika ada orang yang melanggar pantangan ini maka ia akan menjadi pengikut Nyi Roro Kidul untuk selamanya.

Namun faktanya, mitos ini dibuat agar ketika tenggelam maka pengunjung tersebut mudah ditemukan. Sebab baju berwarna biru dan hijau akan sangat mirip dengan air laut sehingga saat terseret ombak badan korban sulit ditemukan.

Dari kelima mitos di Pulau Jawa diatas, mana yang Anda percaya? Biasanya suatu mitos dibuat untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Meskipun banyak yang percaya akan mitos di Pulau Jawa namun banyak juga yang tidak mempercayainya.

Oleh karenanya, orang tua di Pulau Jawa mulai menggunakan dongeng sebelum tidur untuk menceritakan mitos di Pulau Jawa tadi. Sehingga anak-anak akan menghindari hal yang tidak boleh dilakukan sejak dini.