Keunggulan Modal Ventura



Modal ventura adalah jenis pembiayaan yang menyertakan langsung modalnya kepada perusahaan pasangan usaha. Hal ini merupakan suatua kemudahan dibandingkan dengan investasi-investasi jenis lainnya. Selain itu, para perusahaan modal juga memiliki persyaratan yang lebih sedikit dibandingkan dengan bank. Jadi, modal ventura dapat dijadikan salah satu solusi dalam pengembangan bisnis. Masih banyak keunggulan-keunggulan yang dotawarkan oleh modal ventura, seperti:

Fleksibel
Modal ventura termasuk ke dalam dana jangka pendek yang relatif murah dibandingkan dengan modal usaha lainnya. Dibandingkan dengan pinjaman ke bank, pembiayaan oleh perusahaan pemodal tidak memiliki banyak persyaratan yang harus dipenuhi oleh perusahaan pasangan usaha.

Sumber Dana Baru
Apabila perusahaan belum memenuhi kriteria untuk meminjam ke bank, modal ventura dapat memberikan pinjaman tanpa syarat yang berbelit dan dapat cair lebih cepat. Dengan adanya sumber dana baru tersebut, perusahaan pasangan usaha akan lebih cepat berkembang.

Memajukan Perusahaan
Bantuan yang didapatkan oleh perusahaan dapat dijadikan sebagai dana pengembangan yang berujung memajukan perusahaan tersebut.

Membantu Meningkatkan Kemampuan Perusahaan
Pertumbuhan perusahaan pasangan usaha biasanya dimonitor oleh perusahaan pemodal, maka dapat dikatakan kemajuan sebuah perusahaan tersebut terkontrol dan kemampuannya bertambah seiring berjalannya waktu.

Menaikkan Reputasi Perusahaan
Perusahaan pasangan usaha dapat menaikkan namanya seiring dengan nama perusahaan pemodal yang membiayainya. Biasanya perusahaan pemodal sudah memiliki nama dan reputasi yang baik, sehingga perusahaan pasangan usahanya dapat mendompleng ketenaran dan mengukir nama baik di bursa efek nantinya.

Memperluas Jaringan
Dari jaringan yang dimiliki oleh perusahaan pemodal, perusahaan pasangan usaha dapat memperluas koneksinya melalui perusahaan pemodal tersebut sehingga lebih banyak peluang bisnis ke depannya.

Melindungi Pengusaha Kecil
Perusahaan pemodal biasanya memberikan modal kepada perusahaan kecil yang berpotensi tinggi di kemudian hari, maka perusahaan yang tadinya kecil akan terus berkembang dan terangkat reputasinya. Perusahaan pasangan usaha tersebut juga dapat meningkatkan kesempatan kerja sehingga secara tidak langsung membantu perekonomian bangsa.

Baca juga : Tujuan Adanya Modal Ventura untuk Startup

Dari sekian banyak keunggulan-keunggulan tersebut, modal ventura dinilai cukup membantu dalam rangka pengembangan usaha-usaha kecil yang berkembang. Dengan tambahan pendanaan dari perusahaan pemodal, perusahaan pasangan usaha akan lebih cepat maju dan menaikkan reputasi perusahaan tersebut. Bila dibandingkan harus meminjam modal ke bank, model investasi ini jauh lebih praktis dan jelas. Ketika perusahaan kecil belum memiliki kesempatan untuk meminjam modal ke bank, perusahaan pemodal inilah yang akan maju paling depan untuk menawarkan bantuan berupa bantuan modal langsung ke dalam bisnis anda. Dengan perencanaan bisnis yang bagus, maka perushaan pemodal tidak akan ragu-ragu untuk memulai membiayai perusahaan anda. Jangka waktu yang diberikan untuk para pemodal di Indonesia maksimal adalah sepuluh tahun, itu merupakan waktu yang cukup untuk mengembangkan usaha.