Cara Membuat Bubur Kacang Hijau dan Tips Merebus Kacang Hijau Supaya Lebih Empuk

Saat mendekati berbuka puasa pada bulan Ramadhan, orang-orang akan sibuk mencari atau menyiapkan takjil untuk berbuka puasa. Salah satu takjilan buka puasa yang disukai masyarakat adalah bubur kacans hijau. Berikut cara membuat bubur kacang hijau dan tips merebus kacang hijau supaya lebih empuk :


* Bahan Kacang Hijau :
Kacang hijau 250 g
Daun pandan 1 lembar
Air mineral 1.2 L
Garam sdt
Santan 400 ml
Gula merah 100 g
Jahe 4 cm dan memarkan

* Bahan santan :
Santan kental 250 ml
Daun pandan 1 lembar
Tepung meizena 2 sdt
Air mineral 150 ml

* Cara pembuatan :
1. Bersihkan kacang hijau, lalu rendam dengan air dalam wadah yang terpisah selama kurang lebih 2 jam.

2. Lalu rebus kacang hijau dengan 1.2 L air, dan masukkan daun pandan serta jahe yang sudah dimemarkan sebelumnya.

3. Biarkan air menguap hingga hampir habis, lalu tuangkan santan.

4. Kemudian aduk hingga mendidih.

5. Masukkan gula merah dan aduk hingga gula larut.

6. Kemudian tambahkan garam lalu aduk hingga mendidih dan mengental, lalu rebus 1.2 L air ditambah daun pandan hingga mendidih, lalu masukkan beras ketan hitam.

7. Biarkan air menguap hingga hampir habis, lalu tuangkan santan dan aduk hingga mendidih. Setelah itu masukkan gula dan garam, lalu terus supaya ketan tidak menempel dan aduk hingga mendidih.

8. Kemudian aduk santan dan air mineral hingga tercampur sempurna. Dan rebus santan lalu masukkan daun pandan, aduk hingga mendidih.

9. Larutkan tepung maizena dengan 2 sdm air, kemudian masukkan dalam santan dan aduk hingga mendidih.

10. Bubur kacang hijau yang empuk dan enak siap untuk disajikan.

Tips Merebus Kacang Hijau Supaya Lebih Empuk :
* Rendam Kacang Hijau
Perlu  diingat sebelum kacang hijau direbus, pastikan untuk merendamnya kira-kira selama 3 – 4 jam atau lebih. Karena dengan cara direndam, kacang hijau bisa membuat butir-butir biji kacang hijau menjadi mekar dan berkembang lebih baik dan akan lebih cepat empuk pada saat direbus nantinya.

* Masukkan Kacang Hijau Pada Saat Air Sudah Mendidih
Sebaiknya memasukkan kacang hijau di dalam panci pada saat air sudah benar-benar mendidih. Karena dengan air yang mendidih bisa membuat kacang hijau atau bahan masakan lain bisa lebih cepat empuk, cepat matang serta kandungan nutrisinya tidak akan berkurang secara drastis.

* Atur Panas Api
Dan selalu atur panas api dengan tepat. Pastikan api jangan terlalu panas dan juga jangan terlalu redup. Gunakanlah api yang sedang-sedang saja dan harus stabil jangan berubah. Dengan cara ini bisa mendapatkan kacang hijau rebus yang empuk secara sempurna dan merata.

* Tambahkan Gula Dan Garam Pada Saat Kacang Hijau Mulai Mekar
Tips yang terakhir, pastikan untuk tidak memasukkan garam atau gula pada saat kacang hijau belum mekar, karena hal tersebut bisa membuat kacang hijau awet keras sehingga sulit empuk. Kalaupun mau menambahkan gula dan garam, maka sebaiknya ditambahkan pada saat kacang hijau sudah mulai mekar dan empuk.

Selain enak dan manis rasanya, bubur kacang hijau ini juga banyak manfaatnya bagi kesehatan. Oleh karena itu, bubur kacang hijau ini bisa menjadi piliihan takjil sehat untuk berbuka puasa.