Ini Dia Gejala Virus Corona dan Flu Biasa

Belakang ini banyak sekali orang di berbagai belahan dunia termasuk indonesia merasa khawatir akibat wabah virus Corona yang terjadi dimana-mana. Banyak sekali orang yang merasa khawatir karena  infeksi virus corona ini menyerang sistem pernapasan dan memiliki gejala yang mirip dengan flu biasa, namun virus corona bisa berakibat fatal berbeda dengan flu biasa. Lalu kira-kira apa sih yang membedakan flu biasa dengan COVID-19 atau biasa di sebut infeksi virus Corona? Sebenarnya baik flu biasa ataupun virus corona ini sama-sama disebabkan oleh virus yang menyerang saluran pernapasan pada tubuh manusia, yang membedakannya ada golongan virus tersebut, virus corona dan flu biasa juga memiliki karakteristik yang berbeda. Virus yang menyebabkan flu biasa berasal dari golongan rhinovirus yang penyebarannya adalah dari manusia ke manusia dan paling sering menyerang anak-anak atau remaja. Biasanya flu biasa yang di sebabkan oleh Infeksi rhinovirus bisa terjadi sepanjang tahun, tapi paling sering terjadi di musim penghujan. Sedangkan virus yang memnyebabkan virus corona berasal dari golongan coronavirus.


Gejala yang terjadi saat kamu terinfeksi flu biasa dan infeksi virus corona ini tentunya sangat berbeda, supaya kamu tidak salah lagi yuk langsung saja simak apa sih perbedaan gejala flu biasa dan infeksi virus corona:

Flu biasa
Flu biasa ini bisa menginfeksi kamu ketika rhinovirus menyerang saluran pernapasan yang ada pada tubuh kamu. Biasanya keluhan di rasakan oleh pasien yaitu datang dari hidung dan dari tenggorokan atau hanya terjadi pada saluran pernapasan atas, untuk gejala-gajalanya adalah seperti kamu bisa bersin-bersin, hidung terasa tersumbat dan juga berair, tenggorokan sakit, merasakan sakit kepala yang ringan, batuk-batuk, dan terjadi demam tapi untuk beberapa orang juga tidak deman jadi demam ini sebenarnya jarang terjadi. Gejala-gejala yang sudah di sebutkan tadi biasanya muncul pada hari  ke 1 sampai hari ke 3 hari setelah orang tersebut terpapar virus yang di tularkan dari orang lain yang sedang sakit.

Virus corona
Seperti yang sudah di sebutkan sebelumnya bahwa virus corona ini sama seperti flu biasa yaitu sama-sama menginfeksi saluran pernapasan yang ada di tubuh manusia. Maka dari itu gejala virus corona ini akan sama seperti gejala orang yang terinfeksi flu biasa. Tapi yang membedakannya yaitu virus corona ini bisa menyerang dan lebih sering menyebabkan keluhan pada saluran pernapasan bawah yang ada pada tubuh manusia. Virus Corona ini dapat menyerang siapa saja tanpa melihat gender ataupun usia. gejala virus corona yang paling utama di rasakan oleh orang yang terinfeksi adalah demam yang tinggi, batuk- batuk, dan juga sesak napas. Selain tiga gejala yang paling muncul ada juga beberapa pasien yang mengalami nyeri pada otot, kepala sakit, tenggorokan sakit, pilek, diare, mual, hingga muntah. Hal penting juga bahwa ciri-ciri di atas juga bukan merupakan ciri khas dari gejala virus corona.

Ada beberapa kasus yang menjadikan virus corona ini menjadi parah karena adanya komplikasi dengan organ lain yang ada di dalam tubuh. Kebanyakan pasien yang meninggal pun mengalami kompilasi dengan penyakit yang sudah di derita sebelumnya. Bila kamu memiliki riwayat bepergian negara yang memiliki orang yang terjangkit virus ini dan kamu mengalami beberapa gejala yang sudah di sebutkan di atas sebaiknya kamu segera periksakan ke rumah sakit.