DNS Tercepat

Pada artikel kali ini, kita akan membahas DNS Tercepat yang pernah ada. Tetapi, sebelum membahas jenis DNS Tercepat, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu DNS.


Apa itu DNS
DNS adalah singkatan dari Domain Name System yang merupakan sebua sistem untuk memungkinkan manusia dan komputer dapat berkomunikasi dengan mudah. Analoginya adalah untuk melakukan identifikasi, manusia memerlukan nama. Sementara, komputer menggunakan angka.

Nah.. dari situlah DNS berada. DNS berada di antara manusia dan komputer untuk menyesuaikan antara nama dengan angka dalam daftar tertentu. Salah satu contohnya adalah aplikasi Kontak yang terdapat pada smartphone atau ponsel pintar kita.

DNS merupakan sistem tentang database yang terdistribusi di dalam jaringan. Fungsi dasarnya adalah mengubah permintaan hostname tertentu pada nomor IP spesifik yang dapat dipahami oleh komputer. Sebuah informasi tertentu disimpan di dalam direktori yang terletak di dalam server domain.

Tujuan DNS sendiri adalah menyimpan daftar  berbagai macam domain di internet. Seperti apa yang telah kita bahas di atas, DNS lebih seperti Kontak telepon yang mencatat berbagai macam nomor telepon. DNS dapat mencatat  seluru domain yang ada di internet

Baca juga : DNS Google

DNS 1.1.1.1 DNS Tercepat 
CloudFlare yaitu sebuah perusahaan infrastruktur yang menawarkan layanan Content Delivery Network (CDN) baru saja menyediakan DNS resolver. DNS tersebut lebih dikenal dengan DNS.1.1.1.1. mereka mengclaim bahwa DNS 1.1.1.1 merupakan DNS tercepat saat ini. DNS yang diluncurkan pada 1 April 2018 lalu memmpunyai waktu respon 10,95 milidetik. Mereka mengeclaim bahwa DNS tersebut merupakan DNS tercepat yang pernah ada.

DNS 1.1.1.1 dapat dilakukan pada perangkat Android, iphone, Macos, dan Windows. Dengan menggunakan DNS 1.1.1.1, pengguna dapat melakukan browsing lebih cepat, aman, dan mudah untuk digunakan.

Berikut cara setting DNS tercepat pada perangkat-perangkat di atas.

Cara Setting DNS 1.1.1.1
Seperti yang telah kita bahas di atas DNS 1.1.1.1 yang diproduksi oleh Cloudflare dapat digunakan di berbagai perangkat. Diantaranya pada perangkat Android, Iphone, Macos, dan Windows.

Baca juga : Domain.com murah

Selanjutnya mari kita bahas satu per satu:

Android
  1. Pilih WiFi yang akan disambung
  2. Masukkan Ip address router pada browser
  3. Jika muncul, isilah username dan password yang dapat diperoleh informasinya terdapat pada label router
  4. Pada laman konfigurasi router masuk pada pengaturan DNS server
  5. Catat entri server DNS yang ada untuk refrensi pada masa mendatang
  6. Ganti alamat DNS untuk IPv4: 1.1.1.1 dan 1.0.0.1 atau untuk IPv6: 2606:4700:4700::1111 dan 2606:4700:4700::1001
  7. Simpan setting lalu restart browser
Namun perlu dicatat bahwa melakukan setting DNS tercepat pada Android dibutuhkan IP statis agar dapat menggunakan server DNS khusus. Cloudflare telah memberikan rekomendasi konfigurasi DNS pada router yang akan disembung pada perangkat.

Iphone
  1. Masuk pada menu setting
  2. Klik Wifi lalu pilih jaringan yang akan digunakan sambungan
  3. Klik configure DNS lalu klik manual
  4. Jika terdapat pengaturan sebelumnya, klik, lalu delete
  5. Klik tanda (+) lalu tambahkan server, ketik 1.1.1.1
  6. Klik tanda (+) lalu tambahkan server, ketik 1.0.0.1
  7. Klik save, yang terletak pada pojoko kanan atas guna menyimpan
Machos
  1. Buka System Preference
  2. Cari DNS Servers, pilih menu dropdown
  3. Klik (+) lalu tambahkan DNS Server, masukkan 1.1.1.1
  4. Klik (+) sekali lagi dan masukkan 1.0.0.1
  5. Klik ok, lalu klik Apply
Windows
  1. Klik start menu, cari dan masuk ke Control Panel
  2. Pilih Network and Internet
  3. Pilih Change Adapter Settings
  4. Klik kanan jaringan Wi-Fi yang disambung kemudian pilih properties
  5. Pilih Internet Protocol Version 4 atau Version 6
  6. Pilih Properties
  7. Cari entri server DNS, refrensi yang akan digunakan untuk masa mendatang
  8. Klik Use The Following DNS Server Addresses
  9. Ganti DNS IPv4: 1.1.1.1 dan 1.0.0.1 atau untuk IPv6: 2606:4700:4700::1111 dan 2606:4700:4700::1001
  10. Klik Ok, lalu Close
  11. Restart browser
Nah kita telah membahas cara melakukan setting pada DNS 1.1.1.1 pada berbagai perangkat software, namun tahukah anda untuk perangkat smartphone seperti Android dan Iphone ada cara yang lebih cepat dan mudah melakukan setting DNS.

DNS CloudFlare menyediakan aplikasi yang dapat digunakan pada perangkat Android maupun iOS. Aplikasi DNS CloudFlare dapat di download melalui Google Play untuk pengguna Android. Sementara untuk anda pengguna perangkat iPhone dapat download aplikasi DNS CloudFlare pada Apple Store.

Cukup mudah bukan?

Kesimpulan
Kita telah sampai pada penghujung artikel. Sebelumnya kita telah membahas apa itu DNS, DNS Tercepat, cara melakukan setting DNS tercepat dan kita telah mengetahui DNS tercepat yang ada saat ini adalah DNS 1.1.1.1 yang diproduksi oleh CloudFlare. Apakah benar, dengan DNS 1.1.1.1, kita dapat browsing dengan cepat? silahkan pembaca yang telah menyimak artikel ini sampai akhir untuk mencobanya sendiri