MACAM-MACAM PEMBANGKIT LISTRIK

Pembangkit listrik adalah bagian dari alat industri yang dipakai untuk memproduksi dan membangkitkan tenaga listrik dari berbagai sumber tenaga, seperti PLTU, PLTN, PLTA, PLTB, PLTG, PLTS, PLTSa, dan lain-lain.


Bagian utama dari pembangkit listrik ini adalah generator, yakni mesin berputar yang mengubah energi mekanis menjadi energi listrik dengan menggunakan prinsip medan magnet dan penghantar listrik. Mesin generator ini diaktifkan dengan menggunakan berbagai sumber energi yang sangat bemanfaat dalam suatu pembangkit listrik.

Di dalam pembangkit listrik tenaga panas, daya mekanik dihasilkan oleh mesin panas yang mengubah energi panas, seringkali dari pembakaran bahan bakar, menjadi energi putar. Sebagian besar pembangkit listrik panas menghasilkan uap, dan oleh karenanya ia sering juga disebut pembangkit listrik tenaga uap. Tidak semua energi panas dapat dialihbentukkan menjadi energi listrik, menurut hukum kedua termodinamika. Sehingga, selalu terdapat panas terbuang ke lingkungan. Jika buangan panas ini dimanfaatkan, untuk proses industri atau pemanasan distrik, maka pembangkit listrik biasa disebut sebagai pembangkit listrik kogenerasi atau pembangkit listrik kombinasi. Di negara-negara di mana pemanasan distrik menjadi hal biasa, terdapat pembangkit panas yang disebut pembangkit didih panas saja. Suatu jenis pembangkit listrik yang penting di Timur Tengah menggunakan produk sampingan panas untuk desalinasi air laut menjadi air minum.

Pembangkit listrik tenaga panas dikelompokkan menurut jenis bahan bakar dan jenis penggerak primer yang dibangun. Pembangkit listrik tenaga panas diantaranya adalah Pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN), Pembangkit listrik tenaga bahan bakar fosil, Pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTPB), Pembangkit listrik tenaga biomassa, Pembangkit listrik tenaga surya. Pembangkit listrik berdasarkan penggerak primernya adalah Pembangkit turbin uap, Pembangkit turbin gas , turbin kombinasi yang memiliki turbin gas yang ditenagai degan gas alam dan turbin uap, Pembangkit Listrik Tenaga Diesel, Motor Stirling atau Turbin Mikro yang biasanya digunakan untuk limbah pengolahan minyak dan dan gas buangan.

Bila ingin melakukan pemasangan pembangkit listrik, pengecekan pembangkit listrik, perawatan pembangkit listrik, merancang pembangkit listrik, meodifikasi pembangkit listrik, atau bahkan perbaikan pembangkit listrik gunakanlah jasa konsultan pembangkit listrik di https://sewatama.com/id/ yang memiliki tim profesional dan terpercaya.