Kerjasama Ekspor Indonesia ke Thailand di Bidang Industri Kreatif

Potensi kerjasama ekspor Indonesia ke Thailand di bidang industri kreatif telah dilirik oleh Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF). Bentuk kerjasama ini tentu tidak main-main karena telah dilaksanakan penandatanganan MOU dengan The Creative Industri Agency (CIA) sebagai wujud peresmian dan keseriusan kegiatan tersebut. BEKRAF menggandeng pioneer beberapa pengusaha stratup yang ada di Indonesia untuk berbagi pengalaman serta mengambil pelajaran  dari industri kreatif Thailand.


Kerjasama ini dirasa menjadi sebuah keputusan yang tepat karena BEKRAF memiliki pandangan bahwa Thailand memiliki sumber daya manusia dan dukungan infrastruktur yang maju. Oleh karena itu, kolaborasi ini ditujukan untuk mengasah sumber daya manusia Indonesia yang pada dasarnya potensial. 

Hal tersebut dibutktikan melalui hasil karya ekonomi kreatif Indonesia yang  sebenarnya lebih baik dari Thailand. Bentuk kerjasama di bidang industri kreatif antara Indonesia dan Thailand antara lain sebagai berikut. 

Industri Perfilman
Sebagaimana diketahui bahwa Thailand juga memiliki karya dalam bentuk film dan drama yang cukup bagus. Keunikan para sutradaranya dalam membuat alur cerita senantiasa memiliki ciri khas tersendiri. 

Dengan kerjasama tersebut, diharapkan Indonesia dapat belajar dan mengadopsi keunggulan dalam produksi perfilman di Thailand. Sebaliknya, Thailand juga sangat terbuka dan memberikan wadah untuk belajar bersama Indonesia demi menghasilkan sumber daya manusia yang unggul. 

Adapun bentuk kerjasama ini disambut baik oleh para petinggi di bidang industri Thailand. Dengan demikian, diharapkan kerjasama ini mampu berjalan baik ke depannya serta menjadi pintu gerbang kolaborasi epik Indonesia dengan Thailand.

Industri Musik
BEKRAF melirik potensi kerjasama ekspor Indonesia ke Thailand dalam bentuk sumber daya manusia unggul melalui project kolaborasi di bidang musik. Faktanya, Indonesia sendiri memiliki keragaman musik yang khas sebagai salah satu kearifan lokal dan identitas budaya bangsa. Diharapkan melalui kolaborasi di bidang industri kreatif bersama Thailand menghasilkan karya yang dapat menembus pasa internasional.  

Pertukaran Wawasan
Proses perkembangan di bidang industri kreatif di Indonesia dan Thailand tentunya memiliki tantangan yang berbeda. Melalui kerjasama ini, kedua belah pihak dapat bertukar wawasan dan mengambil pelajaran dari masing-masing pengalaman yang dibagikan. 

Adapun industri kreatif dari Indonesia yang berkesempatan mengikuti kerjasama ini yaitu pengusaha startup. Sebagaimana diketahui bahwa Indonesia sedang semangat-semangatnya dalam berkembang di industri startup.

Industri Digital
Menghadapi ketidakpastian pasar global tentu harus disertai dengan strategi yang pas. Perkembangan kemajuan teknologi menjadi salah satu fokus yang diutamakan dan difasilitasi besar-besaran dewasa ini di berbagai negara. 

Dengan demikian, sebagaimana dapat disaksikan bahwa perkembangan bisnis di dunia digital juga dilirik oleh investor dunia. Bentuk kolaborasi sebagai upaya kerjasama ekspor Indonesia ke Thailand di bidang industri kreatif merupakan salah satu terobosan baru yang perlu diapresiasi.