Step by Step Mandi Junub untuk Pasangan Baru Menikah

Niat mandi junub untuk pasangan yang baru menikah mempunyai beberapa adab serta tata cara untuk memulainya. Mandi junub ini sangat penting untuk dilakukan ketika telah melakukan hubungan suami istri, walaupun tidak dikeluarkannya air mani. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai langkah mandi junub untuk pasangan yang baru menikah, simak ulasan berikut.


Hukum Mandi Junub Setelah Melakukan Hubungan Intim

Bagi pasangan yang baru saja menikah tentunya akan melakukan hubungan intim suami istri. Kegiatan ini termasuk kedalam salah satu hadas besar yang mengharuskan untuk melakukan mandi junub. Berbeda dengan hadas kecil yang bisa saja disucikan hanya dengan berwudhu. Namun, jika pada hadas besar maka wajib hukumnya untuk melakukan mandi junub untuk mensucikannya. 

Apabila Anda memiliki hadas besar namun tidak melakukan mandi junub maka, tubuh Anda masih dianggap najis. Hal ini membuat Anda belum bisa melakukan kewajiban untuk beribadah, Selain itu melakukan mandi junub wajib dilakukan untuk memberikan tubuh, serta pikiran dan hati menjadi kembali bersih sebelum melakukan kegiatan beribadah. 

Tata Cara Melakukan Mandi Junub
Terdapat beberapa cara untuk melakukan mandi junub sebagai bentuk penyucian tubuh setelah melakukan hubungan intim suami istri. Supaya tidak salah dalam melakukan mandi junub yang benar, ikuti langkah-langkah berikut ini.

Membaca Niat Mandi Junub yang Benar
Perbedaan antara mandi biasa dengan mandi junub terdapat pada niatnya. Untuk membaca niat mandi junub dapat diucapkan di dalam hati. Niat mandi junub setelah melakukan hubungan intim yaitu “ Nawaitul ghusla liraf'il hadatsil akbari fardhan lillahi ta’ala”

Membilas Telapak Tangan Tiga Kali
Setelah membaca niat untuk melakukan mandi junub, langkah selanjutnya yaitu dengan membilas telapak tangan sebanyak tiga kali. Kemudian Anda membersihkan kemaluan serta berbagai kotoran yang ada dengan menggunakan tangan kiri.

Mencuci Tangan
Setelah membersihkan kemaluan, diperlukannya untuk membersihkan ulang tangan yang telah digunakan untuk membersihkan kemaluan. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan najis yang menempel pada tangan. 

Cara mencuci tangan tersebut yaitu dengan cara menggosokkan tangan ke tanah ataupun ke sabun hingga bersih. Setelah menggosokkan tangan ke tanah ataupun ke sabun Anda dapat membilas tangan menggunakan air hingga bersih.

Melakukan Wudhu Secara Sempurna
Setelah membilas tangan hingga bersih, langkah selanjutnya yaitu Anda bisa melakukan wudhu seperti wudhu saat ingin melaksanakan shalat. Wudhu ini yang dimulai dengan membasuh tangan hingga membasuh kaki.

Menyiram Air Diatas Kepala
Langkah selanjutnya dalam melakukan mandi junub ini setelah berwudhu yaitu dengan menyiram kepala dengan menggunakan air sebanyak tiga kali. Saat menyiram air diatas kepala pastikan jika seluruh bagian pada rambut juga terkena air. Dengan memastikan setiap sela-sela pangkal rambut terbilas menggunakan jari-jari tangan yang basah.

Membilas Seluruh Tubuh
Hal yang selanjutnya perlu untuk dilakukan yaitu dengan membilas seluruh anggota tubuh. Membilas anggota tubuh ini dilakukan mulai dari sebelah kanan kemudian dilanjutkan dengan membilas tubuh sebelah kiri. 

Ketika melakukan pembilasan pada tubuh ini Anda juga harus memastikan bahwa seluruh lipatan-lipatan pada kulit serta seluruh bagian yang tersembunyi telah ter bilas hingga bersih.

Nah, Itulah langkah-langkah dalam melakukan mandi junub untuk para pasangan suami istri yang baru menikah. Dengan memastikan tidak melupakan niat mandi junub serta melakukan langkah yang dilakukan benar setiap selesai melakukan hubungan intim dapat membuat ibadah tersebut menjadi lebih berkah.