4 Masalah yang Jadi Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Ada kalanya mungkin Anda akan merasakan mobil tidak terasa dingin saat AC sudah dinyalakan. Jika memang iya, jangan salahkan cuaca yang ada di luar mobil ya. Pasalnya ada beberapa hal yang mungkin jadi masalah sehingga AC Mobil tidak dingin. Di bawah ini ada beberapa masalah yang jadi penyebabnya.


1. Freon Habis atau Kurang
Salah satu hal yang jadi penyebab mendasar atau pemicu dari AC tidak dingin yakni pada bagian freon. Biasanya bagian ini habis atau kurang. Pada dasarnya, freon tidak akan habis jika tidak ditemukan kebocoran di bagian sistemnya. Penyebab bocornya juga beragam, karena beberapa komponen karet getas disebabkan sudah lama atau terdapat hal tidak beres di valve kompresor.

2. Ada Sumbatan di Filter AC
Saringan AC atau yang dikenal dengan filter mempunyai fungsi untuk menyaring berbagai macam debu maupun kotoran. Bagi Anda yang merasa malas membersihkan bagian tersebut, maka debu atau kotoran banyak yang akan menempel serta tertimbun sehingga membuatnya menjadi tersumbat. Apabila sudah tersumbat, maka bisa dipastikan sirkulasi udara tidak optimal.
Walaupun kondisi dari AC mobil hidup, namun jika bagian filter kotor dan tersumbat nantinya tidak akan terdapat udara yang keluar lewat blower. Hal ini tentunya akan g membuat AC mobil Anda seolah tidak berfungsi serta tidak terasa dingin.

3. Evaporator Kotor
Musuh yang dirasa paling besar dari AC atau pendingin mobil terletak di bagan evaporator adalah debu. Mengenai hal ini, debu jadi hal utama yang mana dapat menjadikan evaporator dari AC mobil kotor. Jika sudah kotor maka akan jadi sumbatan yang mana menjadikan sirkulasi AC jadi tidak lancar sebab ada bagian yang menghalangi.

Jadi debu maupun kotoran lainnya yang terdapat di bagian evaporator merupakan debu-debu yang tidak bisa disaring oleh filter atau juga karena saking banyaknya debu dan kotoran yang terdapat di bagian filter.

4. Bagian Kondensor Kotor
Kondensor berada di bagian depan yang dekat dengan radiator. Tanpa disadari, letak dan posisi tersebut sering sekali mengundang berbagai macam kotoran yang mungkin saja dapat hinggap ketika sedang berkendara.

Nah, ternyata hal semacam ini akan berdampak ke sistem kerja dari AC itu sendiri dimana bisa menjadi tidak dingin. Sebab, bagian kondensor yang kotor yang diakibatkan oleh lumpur atau kotoran yang lainnya dan menjadikan proses dari kondensasi menjadi tidak atau kurang maksimal.


Di atas tadi adalah beberapa masalah yang mungkin saja menjadi penyebab dari AC pada tidak dingin. Jadi jika Anda merasa mobil AC tidak dingin maka tidak ada salahnya melihat beberapa bagian yang di atas atau pergi ke service AC mobil. Dengan begitu maka Anda akan menemukan masalahnya sehingga mendapatkan solusi yang paling terbaik dan tepat.
loading...